ABS
adalah abreviasi untuk sistim pengereman anti penguncian. ABS telah
menjadi fitur kemanan yang kepopulerannya semakin meningkat dan
ditampilkan di lebih dari separuh mobil-mobil baru. Ide dibalik
pengereman anti penguncian pada dasarnya sederhana. Tak terkecuali
rem anti penguncian milik Suzuki Escudo 2.0. Intinya, perangkat ini
dirancang untuk mencegah selip, dan membantu pengemudi dalam
menetapkan kendali pada setir didalam situasi pengereman mendadak.
Sehingga, efek ABS ini memang dapat mencegah roda kendaraan
untuk mengunci, mengurangi jarak yang diperlukan untuk berhenti dan
memperbaiki pengendalian pengemudi disaat pengereman mendadak.
Penyempurnaan atau perbaikan yang paling terasa adalah saat
permukaan licin di mana faktor hambatan “drag factor” sangat
rendah. Disini, ABS dapat mengurangi jarak pengereman secara
signifikan dan mencegah kehilangan kendali.
Peran ABS kian nyata ketika pengendara melakukan pengeraman
dengan tenaga ekstra berat. ABS memungkinkan tetapnya pengendalian
kendaraan. Pada dasarnya ABS pada ke-empat roda mencegah seluruh
roda selip “skidding”. Ia juga memungkinkan pengendara untuk
menyetir kendaraan dan tetap mengerem disaat yanng bersamaan.
Ada dua macam tipe ABS; Roda Empat (Four Whell) dan Roda
Belakang (Rear-Wheel). ABS four wheel seperti yang digunakn pada
Escudo 2.0 tentu bekerja lebih baik dibanding model dua roda
belakang seperti yang digunakan SUV lainnya. Sehingga dapat
memberikan jaminan optimal untuk membantu anda mengendalikan
kendaraan dan lebih stabil di saat situasi pengereman mendadak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar